Panggang Filipi

Hari itu pas awal bulan Desember dan seperti biasa kalau bulan sudah akhirannya ber ber ber, artinya musim hujan sudah dimulai. Dan benar saja tidak lama kemudian hujan pun turun. Saat itu penulis lagi dikantor sedang menunggu kawan baik yang katanya mau datang berkunjung untuk sekedar ngobrol.

Saking fokusnya bekerja tidak terasa waktu sudah lewat pukul 13.00 dan kemudian kampung tengah (perut) sudah mulai mengeluarkan suara-suara aneh sebagai alarm tanda minta di isi. Kawan saya pun akhirnya datang juga, sambil bergegas membereskan meja kerja saya, lalu kami pun berangkat cari makan.

Menembus hujan kami masuk ke dalam mobil. Sambil menyetir saya berpikir, apa yang enak dimakan pas hujan seperti ini? Kemudian.. TING! Filipi mantap ini! Pedal gas agak saya tekan seraya mengarahkan mobil ke arah Jl Tener Raya, Pulomas. Setibanya di lokasi tampak parkiran tidak ramai, mungkin karena hujan dan jam makan siang sudah lewat jauh.

Jadi Lokasi Resto Filipi ini terletak di Jl. Tener Raya, buat kamu yang yang mau kemari cukup arahkan kendaraan ke pacuan kuda pulomas, nanti setelah SMA 21 terus saja melewati perempatan, selang 300 meteran jalan perlahan dan perhatikan sebelah kiri, nanti kamu akan temukan ada sign FILIPI, kalau ketemu artinya kamu berada di jalan yang BENAR! Hehehe..

img_8040
Sign Restoran Filipi
img_8039
Buka dari jam 9.00 – 21.00

Masuk ke dalam nampak ruangan sederhana yang tertata rapi. Tak lama menunggu langsung kami mantap memesan panggang dua porsi, sayur singkong dan saksang (tanpa darah). Sambil menunggu hidangan yang dipesan, saya dan kawan mengobrol tentang topik-topik hangat yang sedang terjadi di NKRI saat itu, dilanjut dengan cerita-cerita nostalgia jaman kuliah di salah satu kampus yang punya almamater orange di kawasan Sudirman, Jakarta. Canda tawa serta keceriaan karena kehadiran seorang kawan membuat suasana dingin karena hujan menjadi hangat.

img_8038

Kemudian datanglah menu yang dipesan. Mulai dari panggang, saksang dan sayur singkong. Lalu seperti biasa saya membuka makan siang itu dengan doa syukur kepada yang Kuasa atas nikmat berkat yang Dia berikan pada hari itu. kemudian barulah kami mulai makan.

Di awali dengan memeras jeruk nipis ke atas daging panggang yang berwarna golden brown, membuat aroma segar jeruk menyeruak seketika itu juga, menambah nafsu makan saya. Kemudian tuangan kecil kuah santan sayur singkong ke atas nasi ditambah sedikit sambal hijau khas medan bikin air liur menetes.

Kemudian Hap! Panggang saya masukkan ke mulut.. Nyamm.. Nyamm.. Kesegaran jeruk yang dipadu dengan potongan panggang yang juicy dan lemaknya yang melted di mulut, terasa mantap! Lalu sayur singkong tumbuk saya padukan dengan sambal hijau dan nasi putih hangat, ahhh.. nikmat banget! Jadi sayur singkong khas Batak ini memang agak berbeda dengan yang lain. Karena selain berkuah santan ada campuran andaliman, kecombrang dan tekokak, ini yang membuat rasanya fresh banget.

Ada sedikit perbedaan dari BPK Andika yang lalu, yaitu sajian porky panggang khas Toba ini memiliki lebih banyak lemak daripada yang khas Karo dimana daging porkynya lebih dominan. Namun bagi saya tak jadi masalah, karena saya suka keduanya.

Sendok kemudian beralih ke mangkok yang berisikan saksang, yaitu irisan kecil daging porky yang dipadu dengan berbagai rempah. Lalu, Hap! Lembut dan juicyness dipadu rasa rempah-rempah yang khas bikin lidah ini seperti dibelai manja. Satu porsi saksang disini lumayan besar, jadi untuk dua orang pas banget.

Sendok demi sendok di iringi candaan ringan masa kuliah menjadi memori tersendiri di hari itu. Tak terasa kandas sudah semua menu di meja. Niat mau nambah pun di cancel karena ikat pinggang terasa mulai sesak hehehe… Tagihan kami minta, dan nampak harga Rp 104.000 tertera di bill. Kami pun membayarkan sesuai tagihan karena kalau gak kami bisa dimarahin inang-inang tua hehehe…

Kemudian kami melanjutkan kesibukan masing-masing dengan hati yang gembira, karena hati yang gembira adalah obat.

Harga: $$

Rasa: ***

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s