Marpadotbe

Happy New Year 2017 semuanya! Mudah-mudah2an di tahun yang baru ini semakin sehat, ceria dan happy terus. Hehehe..

Jadi awal tahun ini mau cerita tentang rumah makan legenda Marpadotbe atau biasa disebut Marpadot. Sebenarnya saya sudah lama tahu tempat ini dari teman yang orang Batak,  yang dulu sempat nge-band bareng, hanya saja mampir kesini baru kali ini.

Kejadian mengunjungi Marpadot ini terjadi di minggu-minggu terakhir bulan Desember 2016. Setelah berjibaku dengan birokrasi di kelurahan yang tak kunjung selesai, demi menenangkan hati dan pikiran yang mumet ini, maka saya ajak teman kuliah saya untuk mengantarkan saya ke tempat ini.

Lokasinya ada di Jl. Ahmad Yani, kalau dari arah cawang lurus saja ke Rawamangun, nanti setelah Plaza Telkom masih terus sampai ketemu gerbang tol Jatinegara, baru ambil jalur lambat, nanti selang 300 meteran ada bengkel mobil (AMB Racing kalau gak salah), lalu ada Indomaret. Nah, posisi si Marpadot ini pas di antaranya.

Setelah parkir kendaraan masuklah kami ke dalam. Tampak perabotan interior yang sederhana namun dibalik kesederhanaan tercium aroma kelezatan tiada tara, parah bro and sis! Bikin perut jadi krucuuuk krucukk.. Asli!

Langkah ini langsung sigap mencari tempat duduk yang kosong. Namun memang kedatangan kami ini pas di jam makan siang jadi tampak bangku-bangku yang penuh terisi. Tapi kawan saya bilang “Di belakang saja bro!”, segera meluncur kami ke bagian belakang Marpadot ini yang ternyata masih cukup luas dan beruntung kami mendapatkan tempat yang kosong di belakang.

Tanpa ba bi bu, langsung memanggil pelayan untuk order B2 panggang dan sayur singkong kesukaan saya. Sambil menunggu saya perhatikan ke sekeliling, namun yang ada bikin perut ini tambah krucuukk krucukk, karena tamu-tamu tempat makan ini memesan menu yang woooww bikin air liur menetes. Saya pun makin tidak sabar untuk menunggu kehadiran menu yang saya pesan.

Lalu datanglah pesanan saya, B2 panggang yang di pinggirnya ada acar timun dan bawang, dengan sayur singkong khas Toba, disertai dengan sambal hijau dan wah.. ada sambal merahnya juga, jarang-jarang ini ada sambal merah dalam hati saya. Untuk porsinya, tampak potongan panggang yang lumayan banyak begitu juga dengan sayur singkongnya.


Sebelum dimulai menghajar hidangan diatas meja marilah kita melipat tangan untuk berdoa dan bersyukur atas nikmat rejeki yang Tuhan berikan hari itu. Amin. Dimulai dengan sayur singkong saya aduk, nampak andaliman lalu irisan bawang bombay sepertinya atau mungkin juga rempah lainnya. Saya cicipi kuahnya sllrrppttt.. Ahhh.. Segarrr banget! Aroma khas rempah-rempah Indonesia berbaur dengan daun singkong memberikan rasa yang segar di mulut ini. Tambahkan sedikit sambal hijau, beuhh.. Nendang banget!

img_9038
Singkong ini mantap!

Kemudian saya coba B2-nya, nampak warna coklat yang menunjukkan kegaringan tingkat dewa. Sebelum di-Hap saya peras dulu jeruk. Dan benar saja pas saya lahap, Hap! Nyamm nyamm.. Krenyess.. Garing dan melted di mulut, Tobh abies! Selain itu kesegaran dari perasan jeruk juga memberikan sensasi tersendiri di lidah.  Nasi saya ambil, saya susun panggang yang dipadukan dengan sayur singkong dan sambal hijau, lalu Hap! Ahh… Kenikmatan tiada tara.


Sementara asik menikmati hidangan, kawan saya bilang “Bro lu harus coba ayamnya!”. Lalu dipesanlah ayam tombur, tadinya kawan saya bilang untuk pesan yang ayam gota tapi karena saya tidak suka pakai darah jadilah si tombur yang dipesan. Tak lama datanglah ayam tombur. Wah, enak ini sepertinya dalam hati saya. Saya ambil jeruk lalu diperas ke atas ayam, kemudian tidak menunggu lama saya langsung, Hap! Nyamm nyamm.. Enaaakk.. Meskipun kering tapi bumbu ayam ini meresap sampai ke tulang. Selain itu pasti gizinya lebih banyak, karena ayam yang dimasak adalah ayam kampung.


Semua dilahap dengan pelan dan pasti. Kemudian di akhiri dengan segelas es jeruk yang nikmat, melepas semua dahaga. Ahhh.. Segaarrr.. Benar-benar mantap Marpadotbe ini. Benar kata teman saya dulu, kalau ini merupakan legenda Lapo di Jakarta.

img_9047
Bersyukur

Ima tutu!

Harga: $$$

Rasa: ****

Leave a Reply

